Pages

Friday, November 20, 2009

macam-macam ulir

1. Jenis ulir

Ulir digolongkan menurut bentuk profit penampangnya sebagai berikut:ulir segi tiga, persegi, trapezium, gigi gergaji, dan bulat. Bentuk persegi , trapesium, dan gigi gergaji , pada umumnya dipakai untuk penggerak atau penerus gaya, sedangkan ulir bulat dipakai untuk menghindari kemacetan karena kotoran. Tetapi bentuk yang paling banyak dipakai adalah ulir segitiga.



Ulir segitiga diklasifikasikan lagi menurut jarak baginya dalam ukuran metris dan inch, dan menurut ulir kasar dann ulir lembut sebagai berikut:
> seri ulir kasar metris
> seri ulir kasar UNG
> seri ulir lembut metris
> seri ulir lembut UNF
> seri ulir lembut lebih UNEF
Seri ulir kasar dipakai untuk keperluan umum , seperti baut dan mur . seri ulir lembut mempunyai jarak bagi yang kecil dan dipergunakan pada bagian-bagian yang tipis serta untuk keadaan dimana getaran besar (karena ulir lembut tidak mudah kendor sendiri). Ulir seri UNC, UNF, dan UNEF merupakan gabungan antara standar Amerika dan Inggris.
Ada juga ulir pipa yang digunakan untuk menyambung pipa dan bagian-bagiannya. Termasuk dalam golongannya ini adalah ulir lurus yang dipakai untuk mengikat dan ulir kerucut atau tirus untuk sambungan yang harus rapat. Ulir ini mempunyai jarak bagi dan tinggi ulir yang lebih kecil dari pada ulir kasar . selain ulir-ulir diatas ada juga ulir untuk pemakaian seperti sepeda, mesin jahit, dan pipa halus, yang telah distandartkan.
2. kelas ulir
ukuran ulir luar dinyatakan dengan diameter luar, diameter efektif (diametr dimana tebal profil dan tebal alur dalam arah sumbua adalah sama), dan diameter inti.untuk ulir dalam , ukuran tersebut dinyatakan dengan diameter efektif , ukuran pembatas yang diizinkan , dan toleransi.
Atas dasar besarnya toleransi , ditetapkan kelas ketelitian sebagai berikut:
Untuk ulir metris :kelas 1, 2, dan 3.
Untuk ulir UNC, UNF, UNEF:
> Kelas 3A, 2A, dan 1A, untuk ulir luar.
> Kelas 3B, 2B, daN 1B, untuk ulir dalam.
Perlu diterangkan bahwa ketelitian tertinggi dalam standar JIS adalh kelas 1 , dan dalam standar Amerika adalah 3A Atau 3B.
Patokan yang dipakai untuk pemilihan kelas adalah sebagai berikut:
> Kelas teliti : ( kelas 1 dalam JIS ) untuk ulir teliti.
> Kelas sedang ( kelas 2 dalam JIS ) untuk pemakaian umum.
> Kelas kasar ( kelas 3 dalam JIS ) untuk ulir yang sukar dikerjakan misalnya ulir dalam dari lubang yang panjang.

0 comments:

Post a Comment