Pages

Sunday, November 20, 2011

Goes to Sidang TG 2011

3827 LTDW Oil Tanker MV. "Riny Sakty"

Sebenarnya aku agak malu masang gambar desain kapalku disini. tapi secara aku narsis jadi kupasang aja. Lagipula, jarang-jarang khan bisa liat gambar perancangan kapalnya mahasiswa Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya Institut Teknologi Sepuluh Nopember, jurusan Teknik Bangunan Kapal Prodi Teknik Perencanaan dan Konstruksi Kapal (Panjang banget detail namenya).
Well Guys, yang aku posting kali ini adalah gambar yang akan diujikan dalam sidang Tugas Gambar nanti. Yaiyalah, kalau mau lulus dari jurusan yang kuambil nggak cukup absen penuh+lulus Sidang Tugas Akhir (TA) aja. Sidang TG juga HARRUS lulus. So far, aku masih agak ngeblur mengenai gimana model sidangnya nanti. Yah, berdoa aja. semoga lulus. amien...
OK, sebelum kita cek gambar-gambar kapalku, aku akan jelasin sedikit kalau ini adalah kapal Tanker bermuatan minyak mentah dengan radius pelayaran 1000 mil.

Ini Linesplan. Ya, artinya Rencana Garis. Jangan tertawa kalau kau seperti melihat benang kusut. Seperti Master Design, dari sinilah semua gambarku bermula. Jangan tertawa juga kalau gambarku jelek bagimu. Seperti yang kau baca, aku tidak bisa (atau tidak pandai) menggambar.
Yupz, benang kusut yang lain, Hydrostatic Curves kapalku. Semacam grafik untuk mengetahui kondisi kapalku pada sarat yang berbeda-beda. Beruntunglah Autodesk menciptakan AutoCad dan microsoft menciptakan Excell. Kalau tidak, bisa berbulan-bulan bikin grafik begini. (sekedar info, ini kubuat beberapa minggu lalu dalam 4 jam, sekedar back up untuk soft copy gambar yang hilang)
Kalau yang ini Bonjean Curve, untuk mengetahui distribusi luasan setiap station di kapalku. BTW, yang ini bikinnya sama kaya' kurva di atasnya. just 4 hours with just the same reason.
Ini General Arrangement atau Rencana Umun. yang paling lama dalam pembuatan gambar ini adalah desain Blok Akomodasi. Hmm,,, tuntutan profesi sebagai mahasiswa desain kapal memaksaku untuk menggambar secara detail.

Kalau kau mengerjakan sendiri, bisa jadi ini yang paling lama ngitungnya. Transverse Section (Potongan Melintang Konstruksi Kapal). Soalnya, setiap bagian yang digambar harus dihitung dulu berapa ukurannya, dan harus terlihat bagus waktu digambar. Sekedar info, kita pakai standar BKI Vol. II 2004.
 Kalau kalian adalah mahasiswa perkapalan, pasti kalian cukup faham kesulitan-kesulitan yang mungkin terjadi. Mengenai fungsi dari gambar-gambarku ini akan kubahas di posting berikutnya. Soalnya penguraian secara bersamaan akan membuat mata kalian tambah sakit. Anyway, kalau kalian berkecimpung di dunia perkapalan dan teman-temannya, dan kalian merasa gambarku aneh+jelek+G' jelas, aku isa ngerti kok. begitu juga kalau kalian menganggap kapalku gendut. Sekedar info, ukuran utamanya diambil dari kapal-kapal yang tercatat di BKI. jadi jangan salah, gendut-gendut gini kapal ini juga pernah dibangun. Tapi dengan desain yang lebih bagus dari lah pastinya.
So far, thanks banget udah baca posting g' jelasku. Hehehehehe.....

10 comments:

  1. wuih dulu ambilnya cargo .... Aries S DC 00

    ReplyDelete
  2. Aduh-aduh... angkatan tahun berapa sich??? ini oil tanker. Khan bisa dilihat dari namanya dan gambarnya.
    -Admin-

    ReplyDelete
  3. Lintang Maharani kah ini?

    ReplyDelete
  4. Gambar ini kok anehnya , khususnya gambar GA - General Arrangement-nya

    keanehan
    1. Kalau ini gambar tanker , kok ada crane di bagian amidship
    2. Jika dilihat dari gambar tampak depan , gambar crane hilang. Atau,
    3. Jika itu gambar tampak belakang , gambar free fall life boat juga tidak nampak

    ReplyDelete
  5. 1. Crane digunakan untuk membantu proses loading n unloading (mengangkat pipa fleksibel)
    2.3. Itu bukan gambar tampak depan atau belakang. Itu gambar potongan kapal secara melintang pada daerah ruang muat

    ReplyDelete